get app
inews
Aa Read Next : Polri Terjunkan 2.716 Personel Amankan Piala Dunia U-20

RS Siloam Palangka Raya Kini Siapkan MRI Tesla Canggih

Rabu, 15 Maret 2023 | 13:54 WIB
header img
Rumah Sakit Siloam Palangka Raya hari ini meresmikan Magnetic Resonance Imaging (MRI) 1.5 Tesla. Foto: Ist

PALANGKA RAYA, iNewsBaritoinfo.id - Rumah Sakit Siloam Palangka Raya hari ini meresmikan Magnetic Resonance Imaging (MRI) 1.5 Tesla dan sekaligus menjadikan RS Siloam sebagai rumah sakit swasta pertama di Kalimantan Tengah yang meresmikan fasilitas ini. 

Investasi tersebut sejalan dengan komitmen Siloam di dalam membuka akses layanan kesehatan dan peningkatan mutu pelayanan medis yang bertujuan untuk mendukung terciptanya masyarakat Kalimantan Tengah yang sehat dan produktif.

Fairid Naparin selaku Wali Kota Palangka Raya yang turut hadir dalam acara peresmian ini mengatakan, pihaknya mengapresiasi langkah nyata Grup RS Siloam yang tidak hanya terus memberikan semangat kepada daerah.

"Namun juga menyediakan infrastruktur, teknologi, dan talenta medis untuk memenuhi kebutuhan dasar bagi negara kita yang berkembang cepat, terkhususnya di Provinsi Kalimantan Tengah. Selama ini banyak pasien melakukan perawatan di luar kota agar dapat dilakukan pemeriksaan MRI," ujarnya. 

Hal ini tentu menyebabkan ketidaknyamanan karena ada biaya tambahan berupa transportasi dan penginapan yang harus ditanggung pasien dan keluarganya. 


Dengan adanya MRI di RS Siloam Palangka Raya, warga memiliki harapan besar agar pelayanan kesehatan di Kalimantan Tengah semakin baik dan bertambah maju. Hal ini menjadi motivasi agar rumah sakit daerah yang ada di Kalimantan Tengah juga bisa segera memiliki MRI agar pelayanan yang tersedia semakin lengkap dan kemampuan diagnosis penyakit menjadi lebih baik.

Alat Magnetic Resonance Imaging (MRI) 1,5 Tesla merupakan alat diagnostik imaging mutakhir untuk mendeteksi penyakit dan evaluasi terapi yang memiliki kekuatan 1,5 Tesla.

Pemeriksaan MRI merupakan golden standard untuk diagnosis yang lebih akurat bagi beragam masalah kesehatan pada seluruh jaringan tubuh, mulai dari otak, jantung, tulang, hingga organ lainnya. 

Mesin MRI menggunakan medan magnet yang kuat dan gelombang radio untuk menghasilkan gambar struktur tubuh yang meliputi organ, tulang, serta jaringan secara terperinci dan berkualitas tinggi sehingga dapat digunakan untuk skrining awal berbagai penyakit. 

Penggunaan gelombang magnet dan radio tidak memancarkan sinar radiasi sehingga aman untuk dilakukan pada ibu hamil sekalipun. Pemeriksaan dengan MRI juga tidak menimbukan rasa sakit dan mendukung dokter spesialis dalam memberikan diagnosis penyakit secara tepat sehingga rencana pengobatan dan pemulihan dapat dilakukan lebih awal. Selain itu, MRI juga dilakukan untuk evaluasi terapi pengobatan yang dilakukan dengan lebih mendetail. 

Network Managing Director Grup RS Siloam, Hendy Widjaja menjelaskan, kehadiran MRI maka pasien akan semakin mudah dilayani tanpa perlu lagi merasakan kendala jarak dan waktu. 

Selain itu, RS Siloam Palangka Raya juga telah melakukan kerja sama pelayanan kesehatan dengan Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) hingga rekanan asuransi dan korporasi. 

"Hal ini tentunya akan membantu masyarakat Kalimantan Tengah untuk lebih mudah mengakses layanan kesehatan dengan pilihan jaminan yang tersedia,” tuturnya.

Beroperasional sejak tahun 2018, RS Siloam Palangka Raya dikenal sebagai rumah sakit dengan unggulan Trauma Center yang dilengkapi dengan spesialisasi bedah ortopedi yang komprehensif, termasuk sub-spesialis bedah tulang punggung, pinggul, dan lutut. RS Siloam Palangka Raya juga memiliki layanan radiologi seperti X-ray konvensional, CT-Scan, USG, dan ESWL untuk menunjang perawatan berkelanjutan bagi pasien. 

Selain investasi medis, RS Siloam Palangka Raya juga didukung oleh lebih dari 145 tenaga kesehatan yang terdiri dari dokter spesialis, dokter umum, dan perawat yang berpengalaman juga menghadirkan berbagai spesialisasi dan layanan unggulan. 

Dengan dukungan dari seluruh tenaga kesehatan, RS Siloam Palangka Raya mampu melayani lebih dari 1.500 pasien setiap bulannya. 
 

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut