get app
inews
Aa Read Next : RS Siloam Palangka Raya Kini Siapkan MRI Tesla Canggih

Kisah Mantan Pengamen Sukses Bisnis Skincare, Raih Omzet Rp 1 Miliar Sebulan

Minggu, 30 Januari 2022 | 17:13 WIB
header img
Andika Ramadhan, mantan pengamen sukses bisnis skincare pria beromzet Rp1 miliar per bulan. Foto: YouTube Coach Yudi Candra.

JAKARTA, iNews.id - Tidak memiliki modal bukan penghalang seseorang untuk memulai bisnis.

Inilah yang dialami seorang pemuda bernama Andika Ramadhan Febriansah, mantan pengamen yang sukses bisnis skincare dengan omzet tembus Rp1 miliar per bulan.

Pria yang saat ini berusia 28 tahun itu menjadi wirausaha untuk mengubah nasib. Dia mengaku pernah menjalani kehidupan sebagai seorang pengamen dan penjual makanan ringan.

"Saya pernah jualan peyek, jual kacang saat SMA. Saya pernah mengamen juga," ujar Andika dalam tayangan di YouTube Coach Yudi Candra, dikutip Minggu, 30 Januari 2022.

Ditinggal cerai orang tua saat berusia 3 tahun bukan menjadi rintangan bagi Andika. Sejak SMA, dia telah memulai usaha bersama ayah tiri yang membesarkannya.

"Karena memang pas sekolah di saat banyak anak dapat ongkos dari orang tuanya, saya justru berbalik. Orang tua tak punya cukup uang untuk saya, di situlah saya jualan," ungkapnya.

Dari jualan dan uang mengamen, dia gunakan sebagai modal untuk membeli barang agar dapat diolah menjadi produk yang bisa dijual. Baginya, uang receh dari hasil mengamen begitu berarti untuk menambah dagangan miliknya saat itu.

"Walaupun belinya saat itu cuma seharga Rp10.000 sampai Rp20.000, bagi saya yang bukan dari keluarga mapan, uang segitu saya nggak punya. Sekalinya ada, yang saya dapatkan dari mengamen, langsung saya gunakan buat jualan. Diputer lagi," katanya.

Seiring berjalannya waktu, Andika terus menggeluti aneka bisnis apapun demi pundi rupiah masuk ke kantong. Berbekal jejaring yang dimiliki, dia perlahan membangun bisnis skincare untuk pria dengan nama Cloris Men.

Proses tak pernah mengkhianati hasil. Usaha yang ditekuninya kini memiliki omzet lebih dari Rp1 miliar dengan reseller yang tersebar dari Aceh hingga Papua.

"Kalau omzet kita sudah pasti di atas Rp1 miliar, dan tidak pernah di bawah itu. Produk kami hampir 10.000 setiap bulannya," ujar CEO Clorismen ini.

"Kita jualan lewat internet, dari awal kita pakai strategi itu. Kemudian jalur distribusi kita ada di reseller jumlahnya 2.500 orang dari Aceh sampai Papua," imbuh Andika.

Editor : Muhamad Iskandar

Follow Berita iNews Baritoinfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut