get app
inews
Aa Read Next : RS Siloam Palangka Raya Kini Siapkan MRI Tesla Canggih

10 Profesor Termuda di Dunia, Ada yang dari Indonesia, Murid Newton Kalah Rekor

Selasa, 30 Agustus 2022 | 12:14 WIB
header img
Daftar profesor termuda di dunia, satu diantaranya Agus Pulung Sasmito asal Indonesia

5. Agus Pulung Sasmito


Daftar profesor termuda di dunia, satu diantaranya Agus Pulung Sasmito asal Indonesia

Profesor Termuda di dunia kali ini merupakan sosok asli dari Indonesia, ia merupakan pria kelahiran Wonosobo.

Agus menempuh pendidikan di strata satu (S1) di Universitas Gajah Mada pada tahun 2001. Kemudian dia melanjutkan pendidikan berikutnya di  National University of Singapore (NUS) hingga 2011 untuk jenjang magister dan doktor.

Saat usianya 32 tahun, Agus melanjutkan pendidikannya ke jenjang professorship, pengajar serta peneliti di McGill University pada tahun 2013.

6. Charles Fefferman

Charles merupakan ahli matematika yang bisa menguasai kalkulus sebelum usianya menyentuh 12 tahun.  Ketika usianya baru menyentuh 14 tahun, ia menghadiri Princeton untuk meraih gelar PhD dalam matematika.

Charles diangkat menjadi profesor di University of Chicago.

7. Stephen Wolfram

Berbeda dengan sosok profesor lainya, Stephen ketika kecil lebih dianggap sebagai anak yang lambat belajar, hal ini dikarenakan ia tidak bisa melakukan aritmatika dasar.

Akan tetapi ketidaksanggupan ini sebenarnya hanyalah bentuk perwujudan dari sikap bosan Stephen terhadap tugasnya yang terlalu sederhana. keunggulanya mulai terlihat ketika dia menemukan kalkulus dan fisika. pada usia 21 tahun ia mendapatkan gelar PhD dalam fisika partikel dan juga mendapat tawaran untuk mengisi posisi pengajar di Caltech.

8. Charles Homer Haskins

Profesor termuda di dunia yang satu ini menempuh pembelajaran untuk jenjang PhD nya di Universitas John Hopkins. Ia sudah mulai mengajar di sebuah sekolah ketika usianya masih berumur 19 tahun.

Kemudian ia dinobatkan menjadi salah satu profesor termuda ketika ia diangkat menjadi profesor pada saat usianya masih berumur 22 tahun.

9. Nelson Tansu

 

Nelson merupakan pria kelahiran asli Medan, ia dinobatkan menjadi guru besar di University Bethlehem, Pennsylvania, USA ketika usianya masih 26 tahun.

Pria asli Medan ini mampu menyelesaikan pendidikan jenjang strata satu (S1) hanya dalam waktu 2 tahun 9 bulan, ia juga lulus dengan predikat summa cumlaude di bidang Applied Mathematics, Electrical Engineering and Physics.

10. Muh Harun Achmad

Sosok yang terakhir ini juga tak kalah hebat dari profesor lainya, dan profesor ini juga merupakan asli warga negara Indonesia.

Harun telah dinobatkan menjadi periset unggul di Universitas Hassanudin pada tahun 2019. Dirinya juga sukses dinobatkan sebagai salah satu dari 58 ilmuwan Indonesia yang masuk kedalam Top 2 World Ranking.

Nah itulah deretan nama yang termasuk dalam kategori profesor termuda di dunia, bahkan 3 diantaranya berasal dari Indonesia. Bagiamana keren kan?

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Berita iNews Baritoinfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut