Logo Network
Network

Hajar Aswad Batu dari Surga Berwarna Putih Berubah Hitam karena Dosa Manusia

Vitrianda Hilba Siregar
.
Sabtu, 23 April 2022 | 09:37 WIB
Hajar Aswad Batu dari Surga Berwarna Putih Berubah Hitam karena Dosa Manusia
Hajar Aswad tampak detail terlihat. (Foto:Reasahalharmain)

HAJAR Aswad batu yang awalnya berwarna putih seperti salju diturunkan dari surga. Warna Hajar Aswad lambat laun warnahnya berubah menjadi menghitam. 

Lantas mengapa bisa menjadi berubah warna? Ini karena dosa manusia dan perilaku orang-orang musyrik di muka bumi, batu tersebut akhirnya berubah jadi hitam. 

Hajar Aswad terletak di dinding Kakbah, Kompleks Masjidil Haram, Kota Makkah, Arab Saudi.

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « نَزَلَ الْحَجَرُ الأَسْوَدُ مِنَ الْجَنَّةِ وَهُوَ أَشَدُّ بَيَاضًا مِنَ اللَّبَنِ فَسَوَّدَتْهُ خَطَايَا بَنِى آدَمَ »

Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Hajar aswad turun dari surga padahal batu tersebut begitu putih lebih putih daripada susu. Dosa manusialah yang membuat batu tersebut menjadi hitam”. ( HR. Tirmidzi no. 877. Shahih menurut Syaikh Al Albani) 

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « الْحَجَرُ الأَسْوَدُ مِنَ الْجَنَّةِ وَكَانَ أَشَدَّ بَيَاضاً مِنَ الثَّلْجِ حَتَّى سَوَّدَتْهُ خَطَايَا أَهْلِ الشِّرْكِ.

Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Hajar aswad adalah batu dari surga. Batu tersebut lebih putih dari salju. Dosa orang-orang musyriklah yang membuatnya menjadi hitam.” (HR. Ahmad 1: 307. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa lafazh ‘hajar Aswad adalah batu dari surga’ shahih dengan syawahidnya. Sedangkan bagian hadits setelah itu tidak memiliki syawahid yang bisa menguatkannya. Tambahan setelah itu dho’if karena kelirunya ‘Atho’)

Follow Berita iNews Baritoinfo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.