Logo Network
Network

Alquran Sebut 12 Kali Kata Biji-bijian, Sains Buktikan Alasannya

Novie Fauziah
.
Kamis, 28 April 2022 | 13:47 WIB
Alquran Sebut 12 Kali Kata Biji-bijian, Sains Buktikan Alasannya
lustrasi biji-bijian. (Foto: 8photo/Freepik)

KATA biji-bijian di dalam Alquran disebut hingga 12 kali. Sains pun membuktikan alasan mengapa biji-bijian baik untuk kehidupan manusia.

Melansir 'Buku Pintar Sains dalam Alquran Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah' karya Dr Nadiah Thayyarah, kata biji-bijian di dalam Alquran sampai disebut sebanyak 12 kali. 

Enam di antaranya, yaitu:

"... serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada setiap bulir ada seratus biji ..." (QS Al Baqarah: 261)

"... suatu tanda (kekuasaan Allah yang besar) bagi mereka adalah bumi yang mati. Kami hidupkan bumi itu dan Kami keluarkan darinya biji-bijian, maka darinya pula mereka makan." (QS Yasin: 33)

"… tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak juga sebutir biji pun ..." (QS Al An‘am: 59)

"Sesungguhnya Allah menumbuhkan butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah-buahan ..." (QS Al An‘am: 95)

"... yang dimakan oleh tujuh ekor sapi betina yang kurus dan tujuh bulir (gandum) yang hijau dan (tujuh) lainnya yang kering..." (QS Yusuf: 46)

"... apa yang kamu tuai hendaklah kamu biarkan di bulirya kecuali sedikit untuk kamu makan ..." (QS Yusuf: 47)

Lebih lanjut, kata-kata "biji" dan "bulir" seluruhnya disebut sebanyak 17 kali dalam Alquran. Kata "biji" disebut lebih sedikit daripada kata "kurma" yang disebut sebanyak 20 kali dalam Alquran.

Hal tersebut dianggap sebagai salah satu mukjizat Alquran, karena menempatkan "biji" pada posisi penting sebagai unsur makanan, dan hal itu sejalan dengan prinsip dalam ilmu gizi modern.

Sesungguhnya salah satu jenis enzim yang bernama flavonoid alami terdiri atas 800 macam dan memiliki fungsi beragam sekaligus penting bagi kesehatan manusia. Ia berguna untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah di jantung, otak, dan paru-paru.

Enzim itu juga penting untuk menjaga kondisi pembuluh darah kapiler kecil yang berperan dalam pembuangan sisa-sisa jaringan sel yang mati, penyaluran oksigen dan gula ke seluruh jaringan sel, dan mencegah pembentukan radikal bebas yang dianggap sebagai biang keladi munculnya penyakit kanker.

Biji-bijian terdiri atas gandum, jelai, beras, burghul (jagung giling kasar), haver (oat), dan jagung. Biji-bijian itu kaya akan karbohidrat dengan kadar 70 persen dari bobotnya dan juga kaya akan protein serta rendah kandungan lemaknya. Ilmu gizi modern telah menegaskan pentingnya gandum serta jelai, dan itu sejalan dengan ayat-ayat Alquran.

Wallahu a'lam bishawab.

Lihat Juga: Biji-bijian Disebut 12 Kali dalam Alquran, Sains pun Buktikan Alasannya

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Baritoinfo di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.