get app
inews
Aa
Read Next : Alquran Sebut 12 Kali Kata Biji-bijian, Sains Buktikan Alasannya

Surat Al Mujadalah Ayat 11, Isi Kandungan Berupa Keutamaan Menuntut Ilmu

Rabu, 08 Juni 2022 | 14:27 WIB
header img
Surat Al Mujadalah ayat 11 kandunganya menyatakan akan pentingnya menuntut ilmu bagi seorang Muslim. (Foto: Dok)

    SURAT Al Mujadalah ayat 11 kandunganya menyatakan akan pentingnya menuntut ilmu bagi seorang Muslim. Orang yang mempunyai ilmu tentu endapat banyak hal positif di dalam kehidupan dunia maupun akhirat kelak.

    Adapun isi Surat Al Mujadalah Ayat 11 adalah:

    يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا۟ فِى ٱلْمَجَٰلِسِ فَٱفْسَحُوا۟ يَفْسَحِ ٱللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ ٱنشُزُوا۟ فَٱنشُزُوا۟ يَرْفَعِ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مِنكُمْ وَٱلَّذِينَ أُوتُوا۟ ٱلْعِلْمَ دَرَجَٰتٍ ۚ وَٱللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

    Ya ayyuhallazina amanu iza qila lakum tafassahu fil-majalisi fafsahu yafsahillahu lakum, wa iza qilansyuzu fansyuzu yarfa'illahullazina amanu mingkum wallazina utul-'ilma darajat, wallahu bima ta'maluna khabir

    Artinya: "Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: 'Berlapang-lapanglah dalam majelis', maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: 'Berdirilah kamu', maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan."

    Kitab suci Alquran. (Foto: Istimewa)

    Sebagaimana dikutip dari laman Muslim.or.id, menuntut ilmu merupakan suatu pekerjaan yang tidak perlu lagi diragukan akan keuntungan dan keutamaan yang akan diperoleh darinya. Menuntut ilmu merupakan ciri khas umat terakhir yang menghuni Bumi ini, yakni umat Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wasallam.

    Editor : Vitrianda Hilba Siregar

    Follow Berita iNews Baritoinfo di Google News Lihat Berita Lainnya
    iNews.id
    iNews Network
    Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut