Logo Network
Network

Anak Lahir di Luar Nikah, Bagaimana Hubungan Nasab dengan Ayah Biologisnya?

Vitrianda Hilba Siregar
.
Jum'at, 06 Mei 2022 | 07:02 WIB
Anak Lahir di Luar Nikah, Bagaimana Hubungan Nasab dengan Ayah Biologisnya?
Anaklahir di luar nikah, lantas bagaimanakah hubungan nasab dengan ayah biologisnya? (Foto: Shutterstock)

Dikutip dari laman Rumaysho pada Jumat (6/5/2022) disebutkan Ibnu Muflih rahimahullah berkata, “Guru kami, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah bahwa anak hasil zina dan tidak ada ranjang (artinya tidak ada laki-laki lain yang mengakui sebagai anaknya kecuali laki-laki itu saja), maka anak tersebut menjadi anaknya.” (Al-Furu’, 6:625)

Ulama belakangan yang memilih pendapat ini adalah Syaikh Muhammad Rasyid Ridha dalam Tafsir Al-Manaar dan Syaikh Ibnu ‘Utsaimin dalam Syarh Al-Mumthi’, 12:127.

Lalu bagaimana dengan hadits anak zina tidak disandarkan pada laki-laki yang menzinainya?

Jika wanita yang dizinai dzatu firasy, yaitu sudah bersuami, lalu ia berzina dengan laki-laki lain, maka anak ini dinasabkan pada suaminya. Anak ini tetap disandarkan pada suaminya yang sah berdasarkan ijmak para ulama (kata sepakat) kecuali jika ada li’an (saling melaknat antara suami istri) karena ada laki-laki lain yang mengaku itu adalah anak hasil hubungan dengannya. Karena dari Ummul Mukminin ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 

الْوَلَدُ لِلْفِرَاشِ ، وَلِلْعَاهِرِ الْحَجَرُ

“Anak itu disandarkan pada pemilik ranjang, sedangkan yang berzina hanya mendapatkan batu saja (artinya: tidak mendapatkan hak apa-apa dari anak).” (HR. Bukhari, no. 6749 dan Muslim, no. 1457)

Ibnu Qudamah rahimahullah dalam Al-Mughni (9:123), 

وَأَجْمَعُوا عَلَى أَنَّهُ إذَا وُلِدَ عَلَى فِرَاشٍ رَجُلٍ ، فَادَّعَاهُ آخَرُ : أَنَّهُ لَا يَلْحَقُهُ

“Para ulama sepakat bahwa jika ada anak lahir dengan laki-laki lain padahal si wanita sudah bersuami, lantas laki-laki lain mengklaim itu anaknya, maka tidak disandarkan pada laki-laki yang berzina tadi.”

Catatan: Pendapat yang dinukilkan di atas bukan berarti menghalalkan zina, zina tetap haram.

Namun permasalahan anak disandarkan pada ayah biologisnya dirinci menjadi dua: (1) jika yang dizinai adalah perempuan yang sudah bersuami, maka anak disandarkan pada suami, laki-laki yang berzina tidak mendapatkan apa-apa; (2) jika yang dizinai adalah wanita yang tidak bersuami, maka anak bisa disandarkan pada laki-laki yang menzinainya.

 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Baritoinfo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini