get app
inews
Aa Read Next : RS Siloam Palangka Raya Kini Siapkan MRI Tesla Canggih

Seekor Orangutan Ditemukan dengan 8 Peluru Senapan Angin Bersarang di Tubuh

Rabu, 18 Mei 2022 | 10:07 WIB
header img
Seekor orang utan Kalimantan ditemukan dengan delapan peluru bersarang di tubuh. (Foto: iNews/Sigit Dzakwan).

KOTAWARINGIN TIMUR, iNews.id - Seekor orangutan dengan luka tembak di sekujur tubuhnya. Ada 8 peluru yang bersarang di tubuh satwa dilindungi itu. 

"Ada delpan butir peluru senapan angin di tubuh orang utan ini," kata Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit, Muriansyah, Selasa (17/5/2022). 

Petugas BKSDA menemukan orang utan itu di Desa Batuah, Kecamatan Serenau, Kabupaten Kotawaringin Timur bersama Orangutan Foundation United Kingdom (OF-UK). Murianysah menduga delapan peluru itu telah lama bersarang di tubuh orang utan dan tidak ditembak secara berturut-turut. 

"Kami menduga ini bukan ulah oknum warga yang sengaja. Tapi kemungkinan saat berburu burung ketemu lalu menembak dengan maksud menakuti," ujarnya.

Selain peluru, ditemukan luka gores di tubuh orang utan tersebut. Namun luka ini diyakini bukan serangan manusia tapi saat terjatuh dari pohon. Orang utan tersebut ditangkap petugas BKSDA pada Minggu (15/5/2022). 

Setelah dilumpuhkan dengan senapan bius, orang utan ini dibawa ke tanah lapang untuk diperiksa. Bobot orang utan dewasa berusia sekitar 15 tahun ini mencapai 55 kilogram. 

Kendati ada peluru bersarang di tubuhnya, orang utan ini tampak sehat. "Untuk pengambilan peluru dilakukan di BKSDA Seksi Konservasi Wilayah II Pangkalan Bun karena tidak memungkinkan saat di lokasi," tuturnya.
 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Baritoinfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut