get app
inews
Aa Read Next : RS Siloam Palangka Raya Kini Siapkan MRI Tesla Canggih

Penderita Kanker Jangan Cemas dan Telat Berobat, Siloam Hospitals Banjarmasin Bantu Layani Maksimal

Rabu, 25 Mei 2022 | 10:18 WIB
header img
Siloam Hospitals Banjarmasin. (Foto: Ist)

BANJARMASIN, iNews.id - Kanker menjadi salah satu jenis penyakit pembunuh secara perlahan-lahan. Para dokter pun berpesan agar penderita kanker untuk tidak takut memeriksakan diri ke pelayanan kesehatan bila menemukan suatu kelainan.

Sementara bagi wanita sebaiknya segera melakukan pemeriksaan payudara sendiri alias Sadari. Sadari kelainan yang bisa menjadi kecurigaan keganasan kanker antara lain tumor payudara yang secara klinis tidak jelas suatu tumor jinak, kista payudara yang cairannya berdarah, keluarnya darah atau cairan dari puting susu atau pada aerola terdapat koreng dan gambaran seperti eksim.

Bila terjadi kelainan suatu keganasan, maka kita bisa kehilangan waktu. Jika tak segera berobat. Jangan menunggu penyakit kanker makin parah baru berobat.

Hal ini disampaikan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Hematologi Onkologi Medik MRCCC Siloam Hospitals Semanggi Prof. Dr. dr. Aru W. Sudoyo, Sp.PD-KHOM saat menghadiri peresmian Siloam Hospitals Banjarmasin sebagai rumah sakit ke-40 dari jaringan Siloam Hospitals Group pada Selasa (24/5).

Aru W. Sudoyo menjelaskan, pasien tak perlu takut berobat. Apalagi pasien pasti mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih maksimal, terutama penanganan kanker.

"Akses dan komunikasi dokter spesialis onkologi di daerah dan Jakarta sudah luas dan terbuka lebar, sehingga jika ditemukan kasus-kasus yang perlu penanganan lebih lanjut di Jakarta, hal ini tentunya dapat dilakukan karena riwayat medis pasien sudah dipelajari oleh para dokter spesialis,” terangnya. 

Pasien kanker di daerah yang dirawat di Siloam Hospitals Banjarmasin bisa dilanjutkan perawatannya di Jakarta jika memang membutuhkan perawatan lanjutan.

"Intinya, pasien jangan takut berobat agar bisa segera ditangani dan segera sembuh. Jangan sampai telat dan parah," imbuhnya.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Baritoinfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut