Logo Network
Network

The Smiling General Soeharto, Hari Ini Genap 101 Tahun Lalu Dilahirkan

Donald Karouw
.
Rabu, 08 Juni 2022 | 14:16 WIB
The Smiling General Soeharto, Hari Ini Genap 101 Tahun Lalu Dilahirkan
SOEHARTO, mendiang Presiden RI ke-2 pada hari ini 8 Juni tepat 101 tahun lalu dilahirkan di Kemusuk, Yogyakarta. Soeharto dilahirkan pada 8 Juni 1921. Tampak Soeharto bersama BJ Habibie semasa hidup. (Foto; Dok)

Sampai akhirnya Soeharto terpilih menjadi prajurit teladan di Sekolah Bintara, Gombong, Jawa Tengah pada tahun 1941. Dia resmi menjadi anggota TNI pada 5 Oktober 1945. Pada tahun 1947, Soeharto menikah dengan Siti Hartinah seorang anak pegawai Mangkunegaran.

Pernikahan Letkol Soeharto dan Siti Hartinah dilangsungkan tanggal 26 Desember 1947 di Solo. Waktu itu usia Soeharto 26 tahun dan Hartinah 24 tahun.

Mereka dikaruniai enam putra dan putri; Siti Hardiyanti Hastuti, Sigit Harjojudanto, Bambang Trihatmodjo, Siti Hediati Herijadi, Hutomo Mandala Putra dan Siti Hutami Endang Adiningsih.

Jenderal Besar HM Soeharto telah menapaki perjalanan panjang di dalam karier militer dan politik. Di kemiliteran, Soeharto memulainya dari pangkat sersan tentara KNIL, kemudian komandan PETA, komandan resimen dengan pangkat Mayor dan komandan batalyon berpangkat Letnan Kolonel.

Pada tahun 1949, dia berhasil memimpin pasukannya merebut kembali Kota Yogyakarta dari tangan penjajah Belanda saat itu. Dia juga pernah menjadi Pengawal Panglima Besar Sudirman. Selain itu juga pernah menjadi Panglima Mandala (pembebasan Irian Barat).

Tanggal 1 Oktober 1965, meletus G30S/PKI. Soeharto mengambil alih pimpinan Angkatan Darat. Selain dikukuhkan sebagai Pangad, Jenderal Soeharto ditunjuk sebagai Pangkopkamtib oleh Presiden Soekarno.

Bulan Maret 1966, Jenderal Soeharto menerima Surat Perintah 11 Maret dari Presiden Soekarno. Tugasnya, mengembalikan keamanan dan ketertiban serta mengamankan ajaran-ajaran Pemimpin Besar Revolusi Bung Karno.

Follow Berita iNews Baritoinfo di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini