Logo Network
Network

Menteri Agama Resmikan Kampung Zakat Bersama Lazis ASFA

Vitrianda Hilba Siregar
.
Selasa, 17 Januari 2023 | 16:12 WIB
Menteri Agama Resmikan Kampung Zakat Bersama Lazis ASFA
Menteri Agama Gus Yaqut Cholil Qoumas dan Ketua Yayasan Assalam Fil Alamin (ASFA) Komjen Pol (Purn) Dr. Syafruddin Kambo meresmikan Kampung Zakat. Foto: Ist

Ketua Yayasan ASFA Haji Syafruddin sangat mengapresiasi inisiatif Kemenag dan Baznas dalam pembentukan kampung-kampung zakat di seluruh pelosok negeri. Ia berharap bahwa program semacam ini perlu dimasifkan. 

Menurutnya, bahwa salah satu cara untuk mengentaskan kemiskinan adalah melalui dana zakat yang ditasarufkan melalui pendekatan program ekonomi.

Momentum berharga yang dihadiri Menag itu dimanfaatkan pula oleh Koordinator Tasaruf Zakat Lazis ASFA di Kalsel H. Sudian Noor untuk melaunching program tasarufnya di Kalsel antara lain: pemberian beasiswa kuliah hingga selesai bagi bidan desa, anak asuh stanting, pembayaran premi BPJS bagi penyuluh agama se-Kalsel, pembayaran premi BPJS fi sabilillah yang terdiri dari para imam marbot se Kab-Kota Baru, serta beasiswa santri dan siswa/siswi dan lain sebagainya.

Ditingkat Nasional, Lazis ASFA juga menyalurkan berbagai beasiswa melalui skema kerjasama dengan pesantren dan mahad aly. Lebih dari 300 santri telah mendapatkan beasiswa dari Lazis ASFA.  

Di level perguruan tinggi, saat ini lebih dari 500 mahasiswa santri kader pesantren telah menerima beasiswa dari Lazis ASFA dari tingkat S1 hingga S3 di berbagai perguruan tinggi.

Lazis ASFA juga memberikan beasiswa lain termasuk beasiswa kedokteran bagi puluhan kader pesantren untuk mewujudkan visi satu pesantren satu dokter. 

Lazis ASFA juga memberikan beasiswa bagi mahasiswa di luar negeri baik untuk jenjang S1, S2 hingga S3 seperti: Al-Azhar Mesir, Univ. Ummul Quro, Univ. Zaituna Tunisia, Univ. Islam Antar Bangsa Malaisia dan lain sebagainya.

Selain beasiswa, Lazis ASFA juga mentasarufkan kepada fakir miskin dan yatim piatu yaitu dalam bentuk santunan tunai maupun sembako. Penyaluran ini tersebar di 9 provinsi di Indonesia yang distribusinya bekerjasama dengan pondok pesantren dengan jumlahnya telah mencapai lebih dari 13 ribu orang. 

Program lain adalah pemberdayaan dan pendampingan UMKM di berbagai wilayah di Indonesia. 

Lazis ASFA yang didirikan oleh Haji Syafruddin dan dinahkodai oleh Dr. KH. Dasad Latif dan KH. Anizar Masyhadi berkomitmen sejak didirikannya untuk mentasarufkan dana zakat kepada 8 Asnaf sesuai dengan kaidah aman regulasi aman syariah dan aman NKRI, dengan prioritas tasaruf untuk fi sabilillah melalui program pemberian beasiswa dalam rangka pengembangan dan percepatan SDM unggul untuk Indonesia emas.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Baritoinfo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini