Logo Network
Network

Kisah Polisi di Murung Raya yang Berkorban Merawat ODGJ

Arnold
.
Kamis, 20 Januari 2022 | 15:32 WIB
Kisah Polisi di Murung Raya yang Berkorban Merawat ODGJ
Aipda Rodie bersama salah satu polwan saat memberi makan kepada ODGJ di Desa Juking Panjang. (FOTO: Polsek Murung).

MURUNG RAYA, Baritoinfo.id-Merawat Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) bukan hal yang mudah. Mulai dari memandikan, memberi makan hingga memahaminya dibutuhkan keberanian, kesabaran hingga kerelaan hati.

Meskipun mungkin susah bagi kebanyakan orang, tetapi tidak bagi polisi yang satu ini. Namanya Rodie.Polisi berpangkat Aipda ini bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Desa Juking Panjang, Kecamatan Murung, Kabupaten Murung Raya. Sebagai polisi yang mengayomi, Aipda Rodie tak pandang bulu. ODGJ juga diayominya.

"Ini tugas yang harus saya lakukan. Bukan hanya orang sehat tetapi justru kepada orang sakit lah kita harus memberikan hati lebih," ujar Aipda Rodie, Kamis (20/1).

Rodie mengisahkan bahwa perhatian terhadap ODGJ di desa binaannya bukan hanya sekedar memberi makan, pakaian, tetapi juga memberikan perhatian untuk mendengarkan dia agar dia bisa merasa dihargai.

"Awal tahu ada ODGJ, saya bersama beberapa orang langsung mengasuh di rumah singgah. Setiap hari sampai malam menjaga memandikan serta memberi makan, dan setelah itu coba mengajak bicara baik- baik, dengan harapan supaya pikiran ODGJ tersebut bisa normal kembali," kisah Rodie.

"Kita perhatian dia satu kali 24 jam. Bukan hanya saya sendiri tetapi ada masyarakat lain dan juga keluarganya," tambahnya.

Rodie mengatakan bahwa perhatian terhadap ODGJ merupakan salah satu tugas polisi dalam kaitannya dengan mengayomi semua masyarakat.

"Kalau kita perhatikan dengan baik tentu dia tidak akan berbuat macam-macam yang mengganggu ketertiban masyarakat," ujarnya.

“Harapannya semoga ODGJ yang ada di Desa ini bisa kembali normal dan dapat turut memberikan kontribusi bagi pembangunan untuk masyarakat," demikian Rodie.

Editor : Arnoldus Maku

Follow Berita iNews Baritoinfo di Google News

Bagikan Artikel Ini