get app
inews
Aa Read Next : RS Siloam Palangka Raya Kini Siapkan MRI Tesla Canggih

Berapa Jumlah Kaum Muslim saat Nabi Muhammad SAW Wafat? 

Kamis, 07 April 2022 | 11:25 WIB
header img
Berapa jumlah kaum Muslim saat Nabi Muhammad SAW wafat? (Foto: Freepik)

BERAPA jumlah kaum Muslim saat Nabi Muhammad SAW wafat? Nabi Muhammad SAW diketahui wafat pada hari Senin bulan Rabi'ul Awwal. 

Pendapat yang terkenal adalah tanggal 12 Rabi'ul Awwal meskipun terdapat pendapat yang mengatakan pada awal bulan. Ada juga ulama yang berpendapat tanggal 2 Rabi'ul Awwal.

Selama hidupnya, Nabi Muhammad SAW berdakwah dan menyebarkan ajaran islam, tidak hanya kepada masyarakat Arab, tapi juga meluas ke berbagai negara lainnya. Lalu berapa jumlah umat muslim ketika beliau wafat?

Dilansir dari Sirah Nabi Muhammad karya Al-Hafizh Ibnu Katsir, Kamis  (7/4/2022), Al-Imam Abu' Abdullah asy-Syafii mengatakan: “Jumlah kaum Muslimin pada saat Rasulullah wafat adalah enam puluh ribu orang, tiga puluh ribu berada di Madinah, dan tiga puluh ribu sisanya berada di tempat lain."

Adapula riwayat lain yang menjelaskan berapa banyak orang yang sudah bertemu dan mendengar langsung sabda Nabi Muhammad SAW. Diperkirakan ada lebih dari 100 ribu orang.

Al-Hafizh Abu Zur'ah 'Ubaidillah bin 'Abdul Karim ar-Razi menyatakan: "Ketika Rasulullah wafat, tercatat lebih dari seratus ribu orang yang telah melihat dan mendengar dari beliau."

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Baritoinfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut