Mau Tampil Lebih Menawan, Edukasi Estetika Klinis Bedah Plastik Patut Diikuti Dulu

Tim iNews.id
.
Jum'at, 29 April 2022 | 22:49 WIB
Tindakan bedah plastik dapat dilakukan untuk memperbaiki kerusakan bagian tubuh maupun untuk membantu memberikan penampilan yang lebih menarik.  (Foto:Ilustrasi/ Healthline)

BANJARMASIN, iNews.id- Bedah plastik dalam dunia medis tentunya sudah tidak asing lagi. Tindakan pembedahan ini dapat dilakukan untuk memperbaiki kerusakan bagian tubuh maupun untuk membantu memberikan penampilan yang lebih menarik. 

Ternyata, bedah plastik memiliki beragam prosedur yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pasien. Bersama dengan Dr. dr. Dharma Pravathana TRM, Sp. BP-RE (K-Wound), Siloam Hospitals Banjarmasin mengadakan webinar pengenalan bedah plastik bagi masyarakat awam.

Berdasarkan kebutuhannya, bedah plastik terbagi menjadi dua, yaitu bedah plastik rekonstruksi dan estetik. Pada pasien yang ingin mengembalikan fungsi semula bagian tubuh tertentu, seperti perbaikan bibir sumbing ataupun perbaikan bekas luka, dapat dilakukan dengan tindakan bedah plastik rekonstruksi. Sebaliknya, pada bedah plastik estetik, tindakan tersebut akan lebih berfokus untuk pembenahan bagian tubuh yang normal menjadi lebih menarik sesuai harapan pasien.

"Estetik dapat diartikan sebagai pembedahan untuk memperbaiki sesuatu yang normal menjadi lebih dari normal, atau istilahnya menjadi supernormal.” Ungkap Dr. dr. Dharma selaku dokter spesialis bedah plastik rekonstruksi dan estetik di Siloam Hospitals Banjarmasin.

Sebagai seorang ahli di bidang bedah plastik, Dr. dr. Dharma juga menjelaskan bahwa bedah plastik estetik dapat dilakukan dengan tindakan pembedahan maupun tanpa pembedahan. “Bedah plastik estetik dengan pembedahan antara lain, hair transplantation, brow lift, face lift, dan lainnya. Sedangkan pada tindakan tanpa pembedahan contohnya adalah laser, chemical peeling, dermabrasion, dan lainnya.”

Sebelum melakukan bedah plastik, tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Khususnya pada bedah plastik estetik, dokter spesialis akan menelaah keluhan pasien, motivasi melakukan bedah plastik estetik, dan harapan dilakukannya bedah plastik estetik ini. Konsultasi ini dilakukan untuk sama-sama mencapai tujuan bedah plastik estetik.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini