get app
inews
Aa Read Next : Laka Maut di Balikpapan dan Keistimewaan Meninggal Saat Hari Jumat Menurut Islam

Hari Jumat Ada 4 Peristiwa Besar Terjadi, Nomor Terakhir Mengerikan

Jum'at, 08 April 2022 | 08:14 WIB
header img
Hari Jumat para malaikat bersholawat dan berdoa kepada Allah SAW, memohon umat Islam diberi keberkahan dan keselamatan. (Foto: Ist)

HARI Jumat para malaikat bersholawat dan berdoa kepada Allah SAW, memohon umat Islam diberi keberkahan dan keselamatan.

"Para malaikat bersholawat kepada Allah Subhahu wa ta'ala," kata Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin mengatakan, pada saat dihubungi belum lama ini.

Allah berfirman:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya: "Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya," (QS. Al-Ahzab:56).

Selain itu, pada hari Jumat juga terjadi beberapa peristiwa yang juga telah tercatat di dalam Alquran. Allah berfirman di Surah Al Jumu'ah;

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا نُودِىَ لِلصَّلَوٰةِ مِن يَوْمِ ٱلْجُمُعَةِ فَٱسْعَوْا۟ إِلَىٰ ذِكْرِ ٱللَّهِ وَذَرُوا۟ ٱلْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ

Yā ayyuhallażīna āmanū iżā nụdiya liṣ-ṣalāti miy yaumil-jumu'ati fas'au ilā żikrillāhi wa żarul baī', żālikum khairul lakum ing kuntum ta'lamụn

 Artinya: "Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan sholat Jum'at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui." (QS. Al Jumu'ah:9).

Berikut ini empat peristiwa yang terjadi pada hari Jumat, dan bagi muslim harus mengetahuinya:

1. Diciptakannya Nabi Adam Alahi Salam

Nabi Adam adalah manusia pertama yang diciptakan Allag di bumi. Rasullullah Shalallahu alaihi wassalam bersabda : "Hari terbaik terbitnya matahari adalah hari Jumat, hari penciptaan nabi Adam, hari masuk dan keluar surga nabi Adam, dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali hari Jumat." (HR. Muslim)

Kemudian dalam riwayat hadist lainnya juga menyebutkan:

“Pada hari itu (hari Jumat) bapak kalian semua (Nabi Adam as) masuk surga. Dan pada hari itu ia keluar dari surga.” (HR. Imam At thabrani).

2. Seluruh mahluk diciptakan, langit, bumi, surga dan neraka menjadi sempurna

Imam Ibnu kasir dalam tafsirnya menjelaskan bahwa “dan pada hari itulah semua mahluk menjadi sempurna yaitu hari ke enam dimana Allah menciptakan langit dan bumi didalamnya. Hari ke enam adalah hari Jumat, karena kalender islam memulai menghitung hari dari hari Minggu, bukan dari hari Senin seperti kalender masehi."

Selain itu dalam riwayat hadist juga disebutkan, Rasullullah Shalallahu alaihi wassalam bersabda:

"Dalam tujuh hari, ada satu hari yang Allah memilihnya dari hari-hari keseluruhanya. Pada hari Jumat Allah menciptakan langit dan bumi, dihari itu juga Allah menyelesaikan ciptaanya, dan dihari itu juga Allah menciptakan surga dan neraka." (HR. Abu Syaikh)

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Baritoinfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut