get app
inews
Aa Read Next : 3 Warga Balikpapan Diserang Menggunakan Parang oleh OTK, 1 Tewas

Laka Maut di Balikpapan dan Keistimewaan Meninggal Saat Hari Jumat Menurut Islam

Jum'at, 21 Januari 2022 | 15:13 WIB
header img
5 orang meninggal dunia pada Hari Jumat saat kecelakaan (Foto: ist)

JAKARTA,Baritoinfo.id-Laka maut di Balikpapan pada Jumat 21 Januari 2022 pagi tentu sangat menyayat hati. Ada sejumlah orang yang tewas dalam kecelakaan yang disebabkan oleh rem truk kontainer blong.

Terhadap sejumlah orang yang tewas pada kecelakaan itu meninggalkan duka mendalam bagi kita semua. Apa lagi meninggalnya saat hari Jumat. Hari paling spesial bagi kaum muslim.

Menurut ajaran agama Islam, meninggal dunia di hari Jumat memiliki keistimewaan tersendiri. Wafat pada hari Jumat bisa menjadi salah satu sebab diselamatkan dari siksa kubur. Tentang hal ini dijelaskan dalam hadis sahih.

Berdasarkan riwayat dari ‘Abdullah bin ‘Amr Radhiyallahu anhu, beliau berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda:

مَـا مِنْ مُسْلِمٍ يَمُوتُ يَـوْمَ الْجُمُعَةِ أَوْ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ إِلاَّ وَقَاهُ اللهُ فِتْنَةَ الْقَبْرِ.

"Tidaklah seorang Muslim meninggal pada hari Jumat atau malamnya, kecuali Allah akan menjaganya dari fitnah kubur."

Al Hakim At-Tirmidzi berkata, "Siapa saja yang meninggal pada hari Jumat, maka penutup yang ada padanya di sisi Allah akan terbuka, karena pada hari Jumat api neraka tidak dinyalakan dan pintu-pintunya pun ditutup, penjaganya tidak bekerja seperti pada hari-hari biasanya."

Oleh karena itu, jika seorang hamba meninggal pada hari Jumat, maka menjadi bukti kebahagiaannya dan kabar gembira bagi tempat peristirahatan yang indah baginya.

Tidaklah seseorang dicabut nyawanya pada hari tersebut kecuali dia adalah orang-orang yang telah ditetapkan untuk mendapatkan kebahagiaan, dengan itu dia dibebaskan dari fitnah kubur, karena fitnah kubur merupakan pembeda antara seorang mukmin dan munafik.

Wallahu a'lam bishawab.

Editor : Arnoldus Maku

Follow Berita iNews Baritoinfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut