get app
inews
Aa Read Next : 3 Warga Balikpapan Diserang Menggunakan Parang oleh OTK, 1 Tewas

Korban Kecelakaan Beruntun di Balikpapan Dijamin Dapat Santunan

Minggu, 23 Januari 2022 | 22:16 WIB
header img
Kecelakaan beruntun di Jalan Soekarno-Hatta, Muara Rapak, Balikpapan Utara, Kalimantan Timur menyebabkan korban tewas dan luka-luka, Jumat lalu.

JAKARTA, Baritoinfo.id - Kecelakaan beruntun terjadi di Jalan Soekarno-Hatta, Muara Rapak, Balikpapan Utara, Kalimantan Timur, Jumat (21/1) lalu. Yang mengakibatkan 5 orang korban meninggal dunia dan puluhan lainnya mengalami luka-luka.

PT Jasa Raharja menjamin seluruh warga yang mengalami kecelakaan lalu lintas tersebut. Seluruh warga baik yang mengalami luka-luka dan meninggal dunia akan mendapat santunan.

Direktur Utama PT Jasa Raharja, Rivan A Purwantono mengatakan, Jasa Raharja sangat prihatin atas musibah ini dan pihaknya telah siap menjamin dan membantu biaya perawatan rumah sakit bagi seluruh korban.

“Petugas Jasa Raharja telah meninjau lokasi kecelakaan dan juga mengunjungi Rumah Sakit untuk mendata warga yang meninggal dunia dan yang tengah dalam perawatan. Tidak perlu khawatir terkait biaya perawatan rumah sakit, karena Jasa Raharja sudah memberikan surat garansi kepada rumah sakit agar dapat merawat warga yang mengalami kecelakaan tersebut dengan baik,“ Kata Direktur Utama PT Jasa Raharja Rivan A Purwantono melalui siaran resmi dikutip, Sabtu (22/1).

Menurut Rivan, seluruh warga yang mengalami kecelakaan tersebut terjamin oleh Jasa Raharja sesuai dengan Undang-Undang No 34 Tahun 1964.

Nilai santunan yang dibayarkan bagi korban kecelakaan lalu lintas jalan telah diatur berdasarkan keputusan Menteri Keuangan RI Nomor: KEP.16/ PMK.010/2017 tanggal 13 Februari 2017.

Dalam aturan tersebut, besar santunan untuk santunan meninggal dunia Rp50 juta, Cacat Tetap (Maksimal) Rp50 juta, perawatan (Maksimal) Rp20 juta, Penggantian Biaya Penguburan (Tidak mempunyai ahli waris) Rp4 juta.

“Hal ini merupakan bentuk implementasi Program Perlindungan Dasar Pemerintah terhadap warga negara yang mengalami kecelakaan,” tambahnya.

Sesuai UU tersebut, Jasa Raharja memberikan santunan kecelakaan kepada setiap orang yang meninggal dunia/cacat tetap akibat kecelakaan yang disebabkan oleh alat angkutan lalu lintas jalan baik di darat, laut maupun udara.

Santunan tersebut berasal dari dana Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) yang dibayarkan masyarakat setiap tahun dan Iuran Wajib penumpang angkutan umum.

“Jenis kecelakaan yang dijamin oleh Jasa Raharja adalah kecelakaan yang melibatkan dua atau lebih kendaraan bermotor, masyarakat yang tertabrak kendaraan bermotor, dan kecelakaan penumpang pada angkutan umum,” katanya.

Sebagai catatan, Jasa Raharja tidak memberikan pergantian kerugian materil pada kendaraan yang mengalami kecelakaan, kecelakaan tunggal kendaraan pribadi, maupun kecelakaan yang disebabkan tindakan kriminal.

Editor : Muhamad Iskandar

Follow Berita iNews Baritoinfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut