get app
inews
Aa Read Next : Evaluasi Kesiapan Pilkades 2022, DPRD Barsel Gelar RPD

64 Jamaah Calon Haji Barito Selatan Siap Diberangkatkan

Selasa, 24 Mei 2022 | 15:35 WIB
header img
Jemaah mengelilingi Kabah pada awal musim haji di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi, Sabtu (17/7/2021). Jemaah haji melakukan tawaf dengan tetap menjaga jarak demi mengantisipasi penyebaran COVID-19. (FAYEZ NURELDINE/AFP)

BUNTOK, Baritoinfo.id - Sebanyak 64 calon jemaah haji asal Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah akan diberangkatkan ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji Tahun 1443 H/2022 M.

“Calon jamaah haji di Barito Selatan saat ini berjumlah 64 orang dan 18 orang cadangan, seandainya tidak ada pengurangan calon jamaah haji kita ada 100 orang lebih,” ujar Noor Fahmi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah kepada wartawan usai membuka kegiatan pembimbingan jamaah haji reguler tingkat Barito Selatan, di Buntok, Rabu (24/5/2022).

"Saat ini CJH dari Barsel yang bisa berangkatkan hanya 64, dulu sesuai kuota," lanjutnya.

Ditambahkannya, tujuan pembimbingan ini dilakukan untuk memberikan pembekalan dan memantapkan tentang step by step yang harus dilakukan di bidang kesehatan serta tata cara manasik haji yang akan mereka laksanakan nanti.

“Karena mereka akan berangkat tidak lama lagi, Insya Allah kita dari Provinsi Kalimantan Tengah masuk embarkasi Banjarmasin akan berangkat pada gelombang ke 2,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, alasan kuota jamaah haji dikurangi adalah karena Pemerintah Arab Saudi mengumumkan pertama, pelaksanaan jamaah haji di Tahun 1443 H ini bisa dilaksanakan, kedua, pelaksanaan haji di Tahun ini kuotanya hanya 1 Juta orang sedunia baik yang berada di dalam Negara Arab Saudi maupun di Negara lain.

Sehingga Indonesia mendapatkan kuota 151 Ribu orang. Sebelumnya Indonesia mendapatkan kuota 221 Ribu jadi kurangnya sekitar 64 persen.

“Untuk Provinsi Kalimantan Tengah mendapatkan kuota dengan jumlah total 736 orang,” kata Noor Fahmi.

Editor : Muhamad Iskandar

Follow Berita iNews Baritoinfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut