get app
inews
Aa Read Next : Polres Barito Utara Gelar Halal Bihalal

Pelestari Seni asal Barito Utara dapat Penghargaan dari Kemendikbudristek RI

Kamis, 20 Januari 2022 | 20:32 WIB
header img
Agus Hermanto, M.Hum perwakilan dari Kemdikbudristek RI saat menyerahkan langsung uang pembinaan kepada Irma Iriani.

Sejak tahun 2012, Kemendikbudristek menyelenggarakan Anugerah kebudayaan Indonesia, selain itu Agus juga berharap bahwa Anugerah Kebudayaan Indonesia bisa memperkuat ekosistem kebudayaan dan sinergi pusat dan daerah pada waktu mendatang sehingga memperluas keterlibatan masyarakat dalam pemajuan kebudayaan.

Dijelaskan bahwa pada tahun 2021, ada 22 penerima perorangan maupun Lembaga dari 7 kategori yang menerima Anugerah Kebudayaan Indonesia 2021. Salah satu kategori Gelar Tanda Kehormatan bahkan diberikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Irma Iriani menjadi penerima dari Kategori Pelestari setelah adanya pengusulan dari Pemerintah Kabupaten Barito Utara, dan berhasil terpilih dari 360 calon penerima di seluruh Indonesia. Adapun kategori lain yang menjadi penerima AKI adalah Maestro Seni Tradisi, Lembaga, Pelopor dan Pembaharu, Media, dan Anak dan Remaja.

"Kesenian Dongkoi dikelola dengan baik oleh Pemerintah Kabupaten Barito Utara dengan menyediakan ruang pertunjukan dan prasarana dan sarana yang memadai," tutup Agus.

Untuk diketahui, Dongkoi adalah warisan tak benda berupa sastra kuno yang dilantunkan dengan pakem pakem tertentu dan merupakan peninggalan budaya yang berusia lebih dari 1 abad.

Isi Dongkoi berupa petuah dan kearifan lokal budaya Suku Pedalaman Dayak Tewoyan Barito Utara.

Editor : Muhamad Iskandar

Follow Berita iNews Baritoinfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut